Mengapa APIQ ???

Memasuki era globalisasi, kualitas sumber daya manusia Indonesia dituntut untuk terus ditingkatkan agar memiliki kompetensi dan daya saing global, dan itu hanya bisa dilakukan melalui pendidikan yang berkualitas. Pendidikan merupakan salah satu aspek pemberdayaan bangsa dalam era globalisasi, peranannya menjadi begitu penting karena itu perlu adanya pembaharuan dan pembenahan dalam dunia pendidikan agar mampu menghasilkan keluaran pendidikan yang andal sesuai dengan tuntutan zaman.

Dibalik tujuan mulia pendidikan nasional, faktanya kita masih menemukan berbagai kendala yang terjadi seputar dunia pendidikan. Salah satu permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian yang serius baik dari akademisi, masyarakat dan pemerintah yaitu masih rendahnya mutu pendidikan (yang ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa) terutama yang saat ini masih menjadi polemik yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Selain matematika merupakan mata pelajaran penunjang Ujian Nasional (UN), matematika merupakan mata pelajaran pokok dimana materi-materinya menunjang bahasan dari mata pelajaran lainnya.

Matematika adalah bidang studi yang memegang peranan penting dalam proses berpikir ilmiah. Proses berpikir matematika adalah proses berpikir deduktif. Hal tersebut menjadikan pelajaran matematika diberikan bertahap sesuai dengan porsinya disetiap jenjang pendidikan. Dasar-dasar materi pelajaran matematika yang diberikan disekolah dasar merupakan pondasi utama dari pemahaman pada tingkat selanjutnya. Ketidakmatangan terhadap penguasaan konsep dasar matematika akan mengakibatkan anak mengalami kesulitan pada tingkat sekolah yang lebih tinggi.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa terdapat stigma negatif yang berkembang dikalangan masyarakat pendidikan terutama siswa dan orang tua, bahwa mata pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang menakutkan, membuat pusing, menjenuhkan dan segala sesuatu yang tidak menyenangkan terbayang ketika mendengar kata matematika. Terlebih matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional (UN) sehingga menjadikannya momok yang menakutkan bagi sebagian besar siswa dan juga orang tua.

Kurang mengertinya siswa dalam menyerap ilmu yang diberikan baik disekolah, dirumah maupun di tempat les dapat dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya Metode Pengajaran yang tidak sesuai, kemampuan guru terhadap penguasaan materi pelajaran yang kurang baik, Penyampaian materi yang kurang terstruktur serta kondisi atau situasi belajar yang tidak kondusif. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi minat siswa dalam belajar yang pada akhirnya berimbas pada prestasi yang menurun.

Dalam upaya menghapuskan bahkan menghilangkan stigma negatif yang telah lama tertanam dan seolah telah “mendarah daging” dikalangan siswa maupun orang tua, APIQ hadir sebagai solusi untuk mengubah paradigma tersebut. Dengan teknik belajar yang revolusioner, kreatif, menyenangkan serta memiliki trik-trik ajaib yang dapat diaplikasikan siswa untuk menjawab berbagai materi pelajaran dari tingkat yang paling sederhana hingga materi-materi pelajaran yang dianggap sulit, diharapkan siswa memiliki kemauan sendiri untuk belajar tanpa ada paksaan yang memberatkan dirinya untuk belajar matematika.

APIQ, dengan trik-trik ajaib yang dapat menyelesaikan soal dengan mudah dan cepat didasarkan pada konsep-konsep matematika yang berlaku. Bukan didasarkan pada tebak-tebakan dan coba-coba. Seluruh trik dan cara cepat menghitung yang diajarkan di APIQ dapat dibuktian secara ilmiah melalui kaidah matematika yang berlaku secara umum. Selain memiliki trik-trik ajaib, metode games yang dimainkan memposisikan anak seolah hanya bermain, padahal dalam permainan tersebut secara tidak langsung siswa digiring untuk belajar berhitung serta melatih kemampuan motoriknya.

Sebagai contoh, simak trik mencari persamaan garis berikut ini :

Atau Cara menentukan FPB dan KPK cukup 7 detik berikut ini :

Contoh tersebut hanya sebagian dari ratusan tips dan trik yang akan diajarkan di APIQ.

Di APIQ, anak belajar dengan cara yang kreatif. Seorang anak mengawali belajar dengan game kreatif matematika. Kemudian anak berdisiplin mengerjakan lembar kerja APIQ. Selanjutnya anak belajar dengan variasi matematika kreatif dan matematika disiplin. Semua berlangsung dengan suasana fun, menyenangkan, dan bersemangat. Lembar kerja APIQ membimbing anak belajar secara mandiri tahap demi tahap. Game kreatif APIQ mengajak anak untuk kolaborasi kreatif dengan teman-teman.

Belajar dengan Cara Kreatif
Di APIQ, anak akan berpetualang bersama matematika kreatif. Anak-anak akan mendapatkan tantangan kreatif sesuai tingkat kemampuan masing-masing. Tantangan kreatif ini akan memicu berkembangnya kreativitas anak-anak di bidang matematika mau pun di bidang yang lain.

Belajar dengan Cara Disiplin
Di APIQ, anak akan mendapat bantuan lembar kerja standar yang mengajak anak-anak disiplin belajar matematika. Lembar kerja ini telah disusun secara sistematis sehingga anak-anak berhasil meningkatkan kemampuan matematika kreatif secara tahap demi tahap tanpa merasa terbebani atau stress. Apalagi dengan kombinasi game kreatif akan mengajak anak-anak merasa berpetualang dengan matematika kreatif yang mengasyikkan.

Pendekatan Personal
Di APIQ, setiap anak akan mendapatkan bahan ajar sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa. Guru telah mengenali dan mencatat kemampuan setiap siswa sehingga guru dapat membantu belajar siswa secara personal – individu per individu. Dapat saja dua orang siswa memiliki tingkat kelas yang sama di sekolah tetapi mimiliki level belajar yang berbeda di APIQ. APIQ akan memberikan bahan ajar sesuai tingkat kemampuan masing-masing siswa.

Dukungan Pembimbing
Pebimbing atau guru di APIQ selalu siap membantu siswa sesuai jadwal untuk mendukung siswa menjadi mandiri, berkolaborasi, dan kreatif. Guru di APIQ memiliki catatan detil perkembangan siswa orang per orang, waktu demi waktu. Orang tua dapat berkonsultasi kepada guru bila diperlukan.

Tool Edukatif Digital dan Non-Digital
Siswa APIQ dapat memanfaatkan tool edukatif APIQ baik yang digital atau non-digital. Tool edukatif digital berupa program power point animasi matematika kreatif APIQ, multimedia APIQ, dan lain-lain. Sedangkan tool edukatif non-digital berupa onde milenium, kartu milenium, kartu ular angka, dadu milenium, super marble, bintang aritmetika, dan lain-lain.

CARA BELAJAR DAN ALUR BELAJAR DI KELAS

Di sini, akan diperkenalkan bagaimana anak belajar di kelas APIQ.
Mula-mula, anak akan disambut ramah oleh pembimbing. Anak kemudian mengambil tempat duduk yang paling nyaman sembari menerima tantangan game matematika kreatif. Karena game kreatif ini sudah disesuaikan dengan kemampuan siswa maka biasanya siswa akan dengan senang hati memecahkan tantangan game kreatif itu. Setelah pikiran anak bertambah kreatif maka ia akan menerima tantangan berikutnya: matematika disiplin. Matematika disiplin ini berupa lembar kerja standar APIQ yang telah secara khusus disiapkan sesuai kemampuan siswa tersebut. Kemampuan dan kecerdasan matematika siswa akan meningkat tahap demi tahap.

Selanjutnya, siswa akan belajar matematika dengan variasi matematika kreatif dan matematika disiplin. Siswa juga belajar dengan variasi belajar mandiri dan belajar kolaboratif dengan teman-teman.
Setelah selesai mengerjakan, lembar kerja diserahkan kepada pembimbing untuk diperiksa dan diberi nilai. Sementara lembar kerjanya dinilai, anak berlatih dengan alat bantu belajar kreatif APIQ.

Setelah lembar kerja selesai diperiksa dan diberi nilai, pembimbing mencatat hasil belajar hari itu pada “Kartu Perkembangan Siswa”. Hasil ini nantinya akan dianalisa untuk penyusunan program belajar berikutnya. Bila ada bagian yang masih salah, anak diminta untuk membetulkan bagian tersebut hingga semua lembar kerjanya memperoleh nilai 100. Tujuannya, agar anak menguasai pelajaran dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Setelah selesai, anak mengikuti latihan secara lisan. Sebelum pulang, pembimbing memberikan evaluasi terhadap pekerjaan anak hari itu dan memberitahu materi yang akan dikerjakan anak pada hari berikutnya.

Bila anda tertarik dan ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai APIQ, silahkan hubungi kami untuk melakukan UJI COBA GRATIS mengenai metode pembelajaran serta Tips dan Trik dalam belajar matematika.

Salam Hangat

– APIQ Villa Nusa Indah –

Advertisements

One thought on “Mengapa APIQ ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s