About

APIQ adalah metode pembelajaran matematika kreatif yang membantu siswa memahami konsep matematika secara kreatif, menyenangkan, dan mengagumkan. Siswa dapat belajar melalui kursus APIQ di kelas mau pun melalui program APIQ Digital (APIQe). APIQ juga menyelenggarakan training matematika kreatif untuk orang tua, guru, dan umum.

APIQ mempelajari matematika kreatif secara utuh meliputi aritmetika, geometri, aljabar, statistik, kalkulus, dan lain-lain. APIQ adalah program belajar matematika kreatif secara perseorangan sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga memungkinkan siswa untuk melejitkan kemampuannya secara maksimal.

SEJARAH APIQ
Sistem belajar APIQ awalnya dikembangkan oleh seorang warga negara Indonesia yang peduli dengan kondisi pendidikan anak bangsa bernama Agus Nggermanto. Awalnya, ia mengajar di perguruan tinggi. Ia menemukan banyak mahasiswa yang belum menguasai konsep dasar matematika tingkat SMA. Kemudian ia mengajar siswa SMA yang ternyata banyak siswa tidak menguasai konsep dasar matematika SMP. Agus Nggermanto melanjutkan perjuangannya dengan mengajar siswa SMP. Ia menemukan hasil serupa: banyak siswa SMP yang belum menguasai konsep matematika SD. Pantang menyerah, Agus Nggermanto mengajar matematika siswa SD. Benar juga, banyak siswa SD yang belum menguasai konsep dasar matematika yang paling dasar sekali pun. Sekalian Agus Nggermanto mengajar matematika anak prasekolah.

Dari perjalanan itu, Agus Nggermanto menyusun sistem belajar APIQ yang membantu anak mengusai konsep matematika secara kreatif, efektif, dan sistematis dari tingkat prasekolah (TK) sampai SMA (bahkan pre-university).
Matematika kreatif APIQ : Mengacu pada sasaran “Matematika tingkat SMA plus pre-university”
APIQ menciptakan lembar kerja dengan susunan pelajaran yang meningkat secara “step by step”. Melengkapinya dengan tool edukatif berupa permainan-permainan matematika kreatif. Siswa-siswa APIQ di Bandung dengan riang gembira mengerjakan lembar kerja itu sambil memainkan tool edukatif yang kreatif.

Hasilnya? Banyak siswa TK yang telah menguasai konsep matematika tingkat kelas 2 SD. Banyak siswa SD telah menguasai konsep matematika tingkat SMP dan SMA. Semua siswa belajar matematika kreatif dengan riang gembira – tanpa stress, tanpa tekanan. Para guru APIQ siap membantu siswa setiap diperlukan.

Dengan keberhasilan APIQ di Bandung, banyak orang yang mendorong agar APIQ disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Para orang tua yang anaknya belajar di APIQ menceritakan pengalamannya ke orang lain. Akhirnya banyak siswa yang belajar di APIQ karena cerita keberhasilan APIQ dari mulut ke mulut. Agus Nggermanto akhirnya berkomitmen untuk menyebarkan metode matematika kreatif APIQ ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Saat ini APIQ telah memiliki cabang di Bandung, Jakarta, Bekasi, dan Depok.

VISI DAN MISI APIQ

VISI APIQ:
Terciptanya generasi muda yang kreatif, bertanggung jawab, dan peduli dengan mendaya-gunakan matematika kreatif.

MISI APIQ:

1. Memfasilitasi generasi muda untuk menjadi kreatif melalui matematika kreatif yang holistik.
2. Mengembangkan inovasi pembelajaran matematika kreatif yang berkesinambungan.
3. Mengembangkan pembelajaran matematika kreatif melalui beragam media: digital dan non-digital.
4. Menjadi organisasi yang sehat secara spiritual dan finansial.
5. Menjadi organisasi yang memiliki kebebasan dalam menentukan pilihan.
6. Memberdayakan masyarakat luas melalui usaha dan pendidikan matematika kreatif.
7. Memberi kontribusi positif bagi kemajuan global alam semesta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s